Monday, November 05, 2007

The November Brief



Halo.
Gue Arya. Ini calon istri gue Lia.
Maaf kalo kita harus ketemu malam-malam begini.

Gue ceritain singkat aja ya tentang konsep, apa yang udah dilakukan, yang belum disiapkan, dan yang harus dilakukan malam ini dan besok as the D-day.

Tema pernikahan ini adalah Ikatan yang Membebaskan. Bahwa pernikahan adalah lembaga memproduksi aturan, menegaskan komitmen, untuk saling membunuh kepentingan pribadi, saling membebani dan, itu tadi, saling mengikat. Sebuah legalisasi perzinahan. Merger bisnis.

Tapi ikatan itu yang seharusnya menjadikan kita lebih kuat, lebih kompromis terhadap hidup, lebih toleransi terhadap pandangan lain. Ikatan yang membuat kita merendahkan hati dan kembali mengingatkan bahwa kita cuma mahluk kecil yang menggantungkan dirinya pada koloni sekecil apa pun. Ikatan yang melengkapi perspektif berpikir, menambah kaca mata dalam melihat dunia. Ikatan yang mendewasakan, membuat kita lengkap sebagai manusia dengan segala kebenaran dan kesalahannya. Ikatan yang membebaskan.

Tema itu diturunin ke setiap elemen di pesta pernikahan ini. Akan ada 100 buah lebih layang-layang yang ditebarkan sebagai unsur dekorasi. Sebagai papan nama foodstall, sebagai elemen background sesi foto, dan lain-lain. Foto-foto pre weddingnya diambil di gunung Darajat, di depan kantor Chevron. Sebuah esai foto yang ceritanya tentang bikin layangan sampe nerbangin layangan. Di undangan juga ada unsur layangan. Desain vektornya bertema layangan dan di dalamnya juga ada lukisan handmade bikinan temen bertema sama. Kenapa layang-layang? Cuma sebagai simbol ikatan yang membebaskan. Ikatan yang tetap mengizinkan kamu tetap eksis di angkasa, hingga saat senja kamu bisa pulang ke rumah dalam dekapan hangat bersama susu coklat.

Pesta kebun. Tanpa pelaminan. Pengantin akan jalan-jalan menyambut tamu di sekitar pool. Kalo capek atau mau ngobrol panjang sama tamu, disediain sofa.

Ini color guidelines-nya. Unsur terluar adalah off-white. Semakin masuk ke dalam lingkaran semakin gelap mengarah ke coklat. Jadi, offwhite - lebih gelap - lebih gelap lagi - sampe coklat. Kalo pun mau ada aksen, padukan dengan merah. Juga diaplikasiin ke semua elemen warna.

Bunga gerbera dan crysant salju jadi elemen terluar. Ditaro di materi dekor yang besar-besar seperti tiang-tiang, background foto, gerbang. Di materi yang banyak dapet perhatian kayak bunga meja, akan diinvasi Holland Rose yang agak pucat. Hand Bouquet terdiri dari campuran semua bunga tadi, di tambah anggrek dan mawar merah sebagai aksen di bagian tengah.

Dekor juga gitu. Kain-kain off-white membungkus materi-materi dari bambu yang coklat, ditambah aksen-aksen coklat tua dari kandang burung. Untuk baju akad warnanya off-white untuk kedua mempelai. Sementara baju resepsi, gue pake jas coklat, doi pake gaun coklat tua agak tembaga.

Ini kawinan hemat sodara-sodara sebangsa setanah air.
Katering dapet setengah harga karena punya sodara. Dekorasi gratis karena dapet sponsor dari Zocha Art Center, produsen akar wangi. Sound system 500 watt punya temen kampus. Band Jazz lengkap juga temen kampus. Tim dokumentasi foto dari klub fotografi kampus Unpad. Video dari adeknya temen gue dari sinematografi IKJ. Karena banyak temen kampus juga yang sekarang jadi fotografer atau kameraman TV dan PH, gue minta bawa kamera, silakan rekam sesukanya, tapi abis itu gue minta file-nya. Bunga dapet harga "malu-maluin" karena ngejar langsung ke kebun di Lembang.

Kemaren MC langganan gue ngensel karena room-matenya juga merit. My bad. Gue gak sejak awal booking, karena gue pikir dia udah langganan. Nah itu sebaaaaaaabbbb....Akika telpon kalian berdua malam-malam untuk janjian di sini. Mira jadi MC dan Hesti jadi Koordinator Acara ya. Pleaseeeee.

Dengan catatan juga, kita kan udah kenalan, kita udah ngobrol berapi-api, itu tandanya kita udah temenan, udah akrab malah. Karena itu harganya juga harga temeeeen yaaaaa...plissss...kan udah temenaaaannn..oke? Oke?

Ini rundown acaranya dan ini cue card untuk kalian pegang. Ini histori pertemuan gue sama calon bini. Ini testimoni temen-temen deket. Ini daftar undangan yang mewakili setiap pihak. Siapa tahu bisa membantu kalian mengawal acara dan menyusun omongan.

Panitia penganggung jawabnya cuma gue, bini dan adek gue. Itu orang-orang Zocha Art kalo mau tanya-tanya dekor, Itu Pak Maman dari florist, itu temen-temen bini gue yang nanti jadi usher, itu Tante bini gue yang ngurus katering, itu temen-temen kosan adek gue kalo butuh tenaga dan transport.

Aduh, kenapa? Minum dulu aja. Kamu tersedak karena abis makan celeng-nya Obelix atau karena omongan gue yang mengejutkan?

Ada pertanyaan sodara-sodara?

Photo: Reza Rezqoi

2 comments:

adam brown said...

Hello I just entered before I have to leave to the airport, it's been very nice to meet you, if you want here is the site I told you about where I type some stuff and make good money (I work from home): here it is

bernard n. shull said...

hi mate, this is the canadin pharmacy you asked me about: the link